Tips Dan Cara Ternak Entok Yang Baik Dan Menguntungkan

1626 views
example banner

Sejauh ini mungkin yang terkenal di pasaran adalah ternak ayam maupun bebek yang sudah jelas bahwa kebutuhan pasarnya memang cukup tinggi dan panduan serta pengalaman keduanya pun sudah banyak ditemui. Oleh sebab itulah tidak banyak yang memahami dengan benar cara ternak entok karena memang yang membudidayakan nya pun tidak sebanyak kedua jenis tersebut.

Namun, dalam hal ini perlu di ketahui bahwa dengan pemasaran dan peluang yang lebih baik, sebenarnya Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi dari ternak entok tersebut. Sedangkan cara sekaligus tips yang bisa Anda terapkan dalam ternak entok diantaranya adalah sebagai berikut.

 

Langkah-Langkah Cara Ternak Entok Yang Harus Di Pahami

 

cara Ternak entokKetika akan melakukan ternak entok, dalam hal ini Anda perlu memahami beberapa langkah penting didalamnya. Langkah ini di mulai dari proses persiapan hingga proses perawatan. Seluruh prosesnya pun harus dilakukan dengan baik sehingga akan mendapatkan hasil maksimal pula. Sedangkan langkah-langkah tersebut daftarnya ada dibawah ini.

 

1. Persiapan kandang

Hal pertama yang harus di lakukan tentu saja adalah mempersiapkan segala kebutuhan dalam ternak itu sendiri. Katakan saja yang cukup inti disini adalah kandang. Nah, karena masih pemula, Anda bisa memulai dengan kandang secukupnya. Namun, pastikan sudah mempersiapkan kemungkinan ketika usaha ini nanti akan berkembang lebih pesat lagi.

 

2. Pemilihan induk

Ketika persiapan sudah selesai dan kandang pun juga sudah siap, kini saatnya Anda memilih induk. Dalam hal ini induk akan sangat menentukan seberapa bagus kualitas hasil panen dibelakang nanti. Semakin berkualitas induk yang dijadikan pilihan maka akan semakin tinggi pula keuntungan Anda dengan pemasaran yang tepat.

 

3. Perihal pakan

Dalam hal makan, tentu saja yang masih kecil-kecil belum memahami bagaimana cara makan dan sebagainya. Oleh karena itu, disini silahkan mery diletakkan bersama induknya selama beberapa hari saja. Dengan begitu sang induk akan mengajari anak-anaknya secara alami untuk makan. Sedangkan pilihan pakannya pun tidak banyak jadi Anda bisa lebih mudah memutuskan mana yang berkualitas.

 

4. Perawatan yang intens

Setelah melalui beberapa tahap awal dalam perawatan ini, kini saatnya untuk melakukan perawatan terhadap ternak yang baik dan benar. Dalam hal ini Anda harus mengenali teori perawatannya termasuk urutan usia didalamnya. Semakin tinggi pemahaman Anda maka akan semakin baik. Namun, jangan sampai salah perhitungan karena akan mempengaruhi pertumbuhannya.

 

Apa Untungnya Ternak Entok?

Sebenarnya, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan peternak entok ini. Meskipun pada dasarnya, mempelajari ternak mungkin cukup asing karena tidak banyak yang sudah mengaplikasikan cara ternak entok. Kelebihan pertama dari entok ini adalah tingkat kekebalannya yang tinggi. Jadi, entok tidak mudah terserang penyakit atau bahkan hingga mengalami kematian.

Selain itu entok juga memiliki harga pasaran yang relatif tinggi. Meskipun kebutuhan akan entok tidak sebanyak ayam maupun bebek, tetap saja ada pasar yang mencarinya. Sedangkan dengan peternak entok yang tidak banyak, maka Anda bisa mendapatkan harga yang lumayan di pasaran. Entok sendiri bisa di katakan cukup banyak makan.
Dengan konsumsi makanan yang banyak, maka entok akan lebih cepat tumbuh besar dan lebih cepat membawa keuntungan.

 

Namun, perlu di perhatikan bahwa dalam hal ini, jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa mempersiapkan penjualannya dengan baik. Jadi, usahakan mendapatkan channel yang cukup sehingga Anda tidak terancam gagal.

TernakBebek Ternakunggas

Posting Terkait

Tinggalkan pesan