Berbagai Peluang Usaha di Lahan Sempit

1029 views
example banner

Saat ini, semakin sulit untuk memiliki pendapatan yang cukup hanya dari satu mata pencaharian. Maka, banyak orang mulai mencari berbagai peluang usaha. Untungnya, banyak peluang usaha di lahan yang sempit sehingga anda tidak memerlukan anggaran khusus untuk memulai usaha baru.

Namun sebelum memulai, satu hal yang perlu anda lakukan adalah melakukan riset pasar. Ketahui berapa banyak orang yang benar-benar tertarik pada usaha anda sehingga mereka mau membayar untuk mendapatkan produk atau jasa Anda. Temukan berbagai ide usaha di lahan sempit di dalam artikel ini.

Peluang Usaha Menguntungkan yang Bisa Anda Mulai di Lahan Sempit

peluang usaha

Penyewaan peralatan pesta

 

Usaha penyewaan peralatan pesta telah menjadi populer selama beberapa tahun terakhir, terutama di kota-kota besar. Kanopi, kursi, drum, peralatan masak, taplak meja, dan alat pesta lainnya sangat dibutuhkan dalam sebuah acara.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan harga sewa untuk berbagai jangka waktu. Setelah itu, hitung ongkos pembuatan atau pembelian perlengkapan. Setelah siap, hubungi EO di sekitar anda dan para tetangga untuk menyebarkan tentang layanan yang anda tawarkan.

 

Ternak ikan lele

 

Dengan perkembangan zaman, semakin banyak orang yang mengambil keuntungan dari beternak ikan seperti ikan lele. Alasannya adalah karena kebutuhan gizi protein semakin banyak dan melampaui apa yang tersedia. Makanan selalu menjadi menarik jika dipersiapkan dengan baik.

Ternak lele bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan jika anda melakukannya dengan benar. Semakin banyak orang yang beralih mengkonsumsi ikan karena kandungan protein tinggi dan kolesterol rendah karena peduli kesehatan.

Pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan sebagian lahan untuk membangun tangki, lalu membeli bibit ikan secukupnya. Biakkan ikan lele selama 4-6 bulan, lalu jual sesuai ukuran dan beratnya. Anda harus memperhatikan kebersihan karena jika tidak dijaga, ternak anda bisa musnah.

 

Jika anda ingin berternak ikan lele anda bisa membaca Cara budidaya ikan lele hingga menghasilkan jutaan rupiah

 

Ternak ayam

 

Peternakan ayam adalah sebuah usaha yang bisa anda mulai dengan 50 hingga 500 ekor, dengan anggaran sesuai yang anda punya. Anggaran yang harus anda siapkan termasuk membeli ayam, sangkar, pakan, dan obat. Ajak seseorang yang berpengalaman untuk membantu anda membangun peternakan ini.

Pengelolaan kotoran sangat penting dalam usaha ini. jika tidak ditangani dengan baik, kotoran bisa mempengaruhi pertumbuhan, produksi, dan performa ternak anda. Apa pun jenis yang anda ternakkan, usaha ini sangat menguntungkan. Satu ekor ayam bisa memberi anda sekitar 730 butir telur setiap 2 tahun sebelum menjualnya.

 

Usaha hortikultura atau perkebunan

 

Hortikultura adalah praktek menumbuhkan bunga, buah, dan sayur. Ini juga mencakup penggunaan batang besi di kebun. Hal baik dari usaha ini adalah anda bisa memulai dengan apapun yang anda miliki sekarang.

Anda bisa membuat anggaran berapa pun untuk usaha hortikultura. Bahkan, anda bisa memulai dengan menanam sedikit sayuran atau bunga di kebun anda. Lama kelamaan, orang akan melihat dan meminta anda melakukannya untuk mereka.

Jangan ragu untuk memulai usaha dengan menawarkan layanan gratis. Minta klien anda untuk memberi anda sekitar 3 bulan. Saat mereka melihat hasilnya, tak peduli sekecil apa pun, mereka akan memberi anda sesuatu. Inilah mengapa hortikultura merupakan salah satu peluang usaha di lahan yang sempit yang paling menguntungkan.

 

Produksi keripik pisang

 

Buah yang satu ini memang sangat cocok untuk diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Salah satu yang menjadi favorit di kalangan orang Indonesia adalah keripik pisang. Jika ingin memproduksi untuk dijual, pastikan anda mencantumkan label agar orang mengenal anda. Semakin banyak yang anda produksi, semakin banyak pula keuntungan yang anda dapatkan.

 

Kebun herbal

 

Herba semakin populer dewasa ini. dari toko-toko kecil sampai besar, anda akan selalu menemukan herba obat, kuliner, teh, lilin, dan aromaterapi.

Anda bisa mulai dari skala kecil, menumbuhkan herba di lahan belakang rumah anda. Anda akan memerlukan pengetahuan tentang menumbuhkan dan merawat herba. Konsumen anda isa jadi distributor yang membeli untuk produksi produk kesehatan, restoran, atau anda bisa menjualnya sendiri.

Peluang Usaha

Posting Terkait

Tinggalkan pesan