Peluang Usaha Beternak Ikan Lele

570 views
example banner

Usaha kuliner semakin hari menjadi menyebar luas hingga ke pelosok kota di seluruh Indonesia. Hal ini membuat banyak calon pengusaha melihat peluang usaha beternak ikan lele karena kebutuhan pasar yang menjulang tinggi. Hari ini siapa yang tidak suka makan lele? Hampir semu orang suka makan lele sehingga kehadirannya sangat mudah dijumpai. Anda bisa dengan mudah makan lele dimanapun.

 

Baca Juga: Tips Ternak lele bagi pemula hingga menguntungkan

 

Lele merupakan jenis ikan tawar yang kaya manfaat, gizi, serta rasanya yang lezat. Lele juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan seperti pecel, steak, goreng dan bakar lele, hingga keripik lele. Cara pemasarannya pun sangat mudah karena banyak pengusaha kuliner yang membutuhkan ikan lele. Jika anda tertarik untuk menjemput peluang usaha ini maka berikut adalah cara memulai usahanya.

 

Peluang Usaha Beternak Ikan Lele

 

Peluang usaha beternak ikan lele

Menyiapkan Ternak Lele

Bisnis ikan lele merupakan salah satu jenis usaha yang menggiurkan. Keuntungan pertama karena bisnis ternak lele tidak sulit, yang kedua banyak peminatnya. Hal pertama yang harus disiapkan adalah dengan menyiapkan ternak lele dimulai dari kolam hingga benih ikan. Modal yang disiapkan tidaklah mahal, anda bisa membuat kolam terpal untuk mengirit modal.

Jika anda mempunyai lahan yang luas dan cukup untuk membuat kolam, maka anda bisa membuat kolam beton untuk lele. Kolam beton akan mempunyai daya tahan lebih lama daripada bahan terpal karena perawatannya yang mudah dan tidak ribet. Jika anda belum mampu untuk membuat dua kolam tersebut, maka anda bisa beternak lele di dalam bak besar.

Membaca Pasar dan Peminat Ikan Lele

Konsumen ternak lele berasal dari berbagai kalangan. Anda tidak akan pernah kesulitan untuk menjual ikan lele karena pasti banyak pelaku kuliner yang bisa menjadi pelanggan bisnis ini. Tipsnya, jaga kepercayaan pelanggan anda dan hasilkanlah lele berkualitas karena dapat mempengaruhi rasanya ketika diolah menjadi makanan.

Pilh Jenis Ikan Lele

Peluang bisinis Ternak Lele tergantung kepada jenisnya yang beredar dipasaran. Anda juga harus bisa menganalisis kebutuhan masyarakat terhadap jenis lele. Jenis lele yang biasa dijadikan ternak untuk pasar adalah dumbo, phyton, sangkuriang ataupun jenis lele lokal lainnya. Jangan jual lele dalam keadaan cacat karena akan bisa mencemarkan nama baik usaha anda.

Pilih Tempat untuk Berjualan Ikan Lele

Pilih tempat starategis untuk memulai berjualan ikan lele, misalkan di dekat pasar ataupun di pinggir jalan dengan membuka kios kecil. Tempat strategis akan menguntungkan anda untuk mendapatkan konsumen dengan cepat. Jika memungkinkan anda bisa berjualan lele sambil berkeliling kota mencari pelanggan dengan menggunakan mobil kolbak.

Analisis Peluang Keuntungannya

Harga investasi ternak lele bisa mencapai sebelas juta untuk modal awal. Hal ini merupakan pemenuhan peralatan ternak. Biaya perbulan yang dikeluarkan bisa sebesar satu juta delapan ratus ribu. Jika anda beternak lele sebanyak 38 Kg, sementara satu kilo lele dihargai dengan dua puluh delapan ribu, maka anda akan mendapat keuntungan sebesar dua puluh delapan juta rupiah.

Peluang bisnis ternak lele juga tidak akan membuat anda cepat rugi. Hal yang harus anda perhatikan hanya merawat ikan lele dengan baik, jika anda merasa lelah maka rekrutlah karyawan untuk mengurusi ikan lele. Karyawan akan mempermudah pekerjaan anda, namun tidak akan membuat laba anda menjadi berkurang. Jangan lupa membuat strategi marketing yang matang.

 

Demikian lah peluang usaha beternak lele yang dapat saya sampaikan untuk anda semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

Posting Terkait

Tinggalkan pesan