Cara Ternak Ikan Lele yang Tepat Hingga Meraup Untung

1378 views
example banner

Cara Ternak Ikan Lele- Setiap orang pasti menginginkan dan berharap menjadi sukses dalam kehidupan nya, dan mereka untuk meraih kesuksesan mereka pastinya dengan cara yang berbeda-beda.

 

Namun, di sini saya tidak akan membahas siapa saja mereka tetapi yang akan di bahas di sini, yaitu bagaimana cara agar bisa sukses untuk melakukan suatu usaha dengan bisinis ternak ikan lele hingga maraup untung besar. Dengan belajar Cara Ternak Ikan Lele yang Baik dan Benar yang akan saya bahas di bawah semoga anda bisa meraih kesuksesan anda sendiri.

 

Di Masa sekarang ini menurut saya budidaya ikan lele sangat lah penting, karena selain menguntungkan namun juga ternak ikan lele terbilang sangat lah mudah dan bisa di jalan kan dengan modal yang kecil.

 

Ikan Lele memiliki protein yang tinggi sehingga banyak peminat nya karena cocok untuk di konsumsi sebagai lauk untuk di hidangkan/makan di rumah sendiri maupun di saat ada acara.

 

Meski sudah banyak cara budidaya lele yang terpampang di google maupun buku-buku peternak namun saya tetap ingin berbagi cara budidaya lele sehingga para peternak bisa meraup keuntungan dengan jumlah yang besar.

 

Dengan beberapa alasan-alasan di atas sudah pasti kita tidak perlu lagi meragukan untung berternak lele meski hanya dengan modal minimalis, karena sedikit demi sedikit asalkan menggunakan cara yang baik dan benar maka Insya Alloh sukses menanti anda.

 

Baiklah dengan ini saya akan segera langsung membahas tentang cara ternak lele atau pun budidaya ikan lele hingga menghasilkan keuntungan yang besar,, tentunya dengan modal,doa dan usaha. untuk mengawali mari kita persiapkan diri kita untuk membaca dan memahami artikel-aryikel di bawah ini agar bisa langsung untuk menerapkan nya.

 

Tips Ternak Ikan Lele yang Baik

 

ternak ikan lele

 

Jika anda sudah benar-benar yaqin dan benar-benar mantap untuk menekuni di bidang ternak lele maka saya akan memberikan beberapa tips awal untuk memulai berternak, sihingga bisa mempermudah anda untuk menjalan kan calon bisnis anda, dan berikut beberapa tips budidaya ikan lele

 

1.  Pilihlah Bibit Lele yang Unggul

Pilihlah bibit lele yang unggul, karena bibit merupakan faktor utama untuk hasil panen ternak lele kita apabila sudah tiba masa panen nya. bibit yang unggul lah yang mempengaruhi kesehatan lele dan daya tahan tubuh hingga masa pertumbuhan selanjutnya.

 

Hal ini karena tidak semua ikan lele memiliki daya tahan tubuh yang baik, sehingga bisa mempengaruhi perkembangan nya di masa mendatang, oleh karena itu pilihlah bibit yang unggul.

 

a). Usahakn memilih bibit lele di tempat yang resmi, yang benar-benar membudidayakan ikan lele dan telah memiliki sertifikat resmi, selain itu dalam pemilihan bibit lele anda juga harus memperhatikan gerakan bibit.

 

b). Apa bila bibit terlihat lambat dalam gerakan nya maka otomatis lele tersebut kurang sehat, dan sebalik nya jika lele terlihat aktif dalam pergerkan, sungut lele tidak pucat dan juga tidak mengembang  maka lele tersebut sehat dan cocok untuk di jadikan bibit unggulan.

 

c). Lalu perhatikan ukuran bibit lele, pilihlah lele yang berseragam, jika kecil kecil semua jika tanggung tanggung semua, jangan pilih lele yang ukuran nya acak karena akan mempengaruhi waktu panen dan terkadang yang kecil pun bisa kalah dengan yang besar.

 

Jika kita ingin hasil yang besar maka modal pun juga harus seimbang, dan jika belum punya modal besar maka pakailah modal seadanya terlebih dahulu.

Meski dengan modal kecil pun kita masih bisa memilih bibit yang unggul untuk di budidayakan asalkan menggunakan langkah-langkah di atas.

 

2. Tentukan Kolam Ikan Lele

Untuk menentukan kolam lele sendiri kita juga harus memperhatikan nya dengan cara melihat kapasitas lele itu sendiri, bandingkan jumlah lele dengan dengan air yang akan d gunakan sebagai kolam.

 

a). Jika jumlah lele yang akan di budidayakan  mencapai ratusan atau lebih maka sediakan tempat/kolam dan air yang cukup. hal ini karena tempat penampung lele dan air sangat menjadi faktor untuk menentukan perkembangan lele tersebut.

 

Untuk ukuran/kapasitas kolam lele bisa di lihat di bawah ini:

b). Pada pembesaran lele, untuk para pemula ternak lele jumlah padat tebar lele  yang di sarankan adalah 100 ekor/m2. Menurut SNI 01-6484.5-2002 untuk pembesaran Lele Dumbo, padat tebar bibit lele yang di sarankan lebih kecil lagi, yaitu jumlah lele 25-35 ekor/m2 untuk kolam tanah atau beton dan berukuran minimal 100 m2 dan kedalaman air 0,75-1,5 m.

 

  • Tinggi Kolam = 1,25 meter
  • Peralatan tambahan = Sirkulasi air Tiap malam
  • Tebar 10.000 ekor = sekitar 36 m2
  • Ukuran kolam = 2 x 3 meter jumlah 6 buah (36 m2)
  • Untuk Lele dengan jenis sangkuriang

 

Usahakan letak kolam jangan di tempat yang terlalu terik dari matahari

 

Cara Ternak Ikan Lele Sistem Bioflok Untuk Pemula

Untuk anda yang pertama kali nya ingin berternak/membudidaya ikan lele maka ada beberapa langkah untuk penerapan nya. untuk cara penerapan yang akan saya bahas di bawah yaitu dengan cara sistem bioflok. dan simak langkah-langkah cara ternak ikan lele di bawah ini:

 

Namun, Sebelum kita melangkah untuk menerapkan cara ternak ikan lele sistem Bioflok maka ketahui dari beberapa keunggulan jika anda menerapkan trnak lele dengan sisitem ini.

  1. Lebih Hemat Air
  2. Lebih Hemat Pakan
  3. Padat Tebar Tinggi
  4. Bisa di Budidayakan di Lahan Sempit

 

1.  Pembuatan Kolam Ikan Lele

Untuk yang oertama kali mungkin sudah saya bahas di atas namun perlu di katahui bahwa penentuan kolam ini adalah salah satu teknik dasar untuk berternak ikanl lele.

 

Dengan menggunakan sistem bioflok maka pengeluaran anda bisa di kendalikan. karena hanya menggunakan kerangka kayu dan bisa jadi besi baja jika di perlukan.

 

  1. Selain itu juga lahan yang di gunakan juga terbilang minimalis banget karena hanya butuh ukuran 1 m3 untuk penebaran bibit lele. sehingga bisa dengan mudah untuk menutupnya dengan penutup seadanya untuk menghindari panas nya matahari dan hujan.
  2. Sediakan airator agar gelembung udara bisa di peroleh dari dalam air kolam sehingga kesehatan ikan lele tetep bisa terjaga.
  3. Sediakan air yang sesuai untuk pembesaran benih-benih lele, lalu tuangkan air kedalam kolam sekira kiranya tinggi 80-100 m.
  4. Lalu masukan probiotik sejenis PO BMW 5 ml/m3, probiotik ini bisa anda dapatkan di toko khusus budidaya dan pertanian.
  5. Kemudiaan campurkan pakan bakteri dengan Tetes Tebu dengan ukuran dosis 250l/m3, dan di malam harinya tambahkan dolomit 150-200. kemudian diamkan kolam selema kurang lebih 10 hari agar miko-organisme tumbuh dan siap di gunakan.

 

2. Penebaran dan Perawatan untuk Benih Ikan Lele

Langkah selanjutnya yaitu penebaran benih lele yang sudah siap di tebarkan, sedangkan untuk bibit lele yang unggul berkualitas sudah di jelaskan di atas, namun untuk mengingat saya akan sebutkan ciri ikan yang untggul, yaitu ikan yang aktif, wrna dan ukuran nya berseragam.

 

Dan pilihlah yang anggota tubuhnya nya yang lengkap (tidak cacat). lalu tebarkan dan keesokan harinya tambahkan probiotik sebanyak 5ml/m3.

 

Untuk langkah selanjutnya, di hari ke 10 pertama campurkan probiotik sebanyak5ml/m3 dengan ragi tempe sebanyak 1 sendok makan dan ragi tape dengan perbandingan yang sama.

 

3. Pemberian Pakan Untuk Ikan Lele

Untuk pemberian pakan ikan lele adalah wajib dan tidak bisa di hindari oleh karena itu siapkan diri selama pembesaran diri untuk memberikan makan secara rutin dan teratur.

 

Pemberian pakan yang berkualitas sangat menunjang pertumbuhan ikan lele tersebut, oleh karena itu sediakan pakan yang berkualitas tinggi agar lele cepat untuk pertumbuhan nya. dan jangan lupa untuk mengecek airator serta beri makan secara teratur.

 

Berilah makan di pagi hari dan sore hari dengan dosis 80% dari daya kenyang nya. dan setiap seminggu sekali jangan beri makan atau puasakan. campurlah pakan dengan probiotik dan kurangi dosis pakan jika sudah terbentuk menjadi flok.

 

Ket: 

Probiotik adalah Mikro Organisme yang tumbuh dan hidup di dalam usus atau yang bisa di sebut bakteri baik.

Bakteri Probiotik berfungsi untuk membantu proses metabolisme sistem pencernaan dan memperkuat imun dalam tubuh.

Sedangkan Prebiotik merupakan makanan untuk Bakteri Probiotik, sedangkan fungsi utamanya ialah untuk memberi nutrisi bakteri probiotik dalam perkembangan nya.

Dengan menerapkan cara ternak ikan lele di atas dengan baik Insya Alloh hasil panen anda akan melimpah dan akan meraup untung besar-besaran.amin

 

Demikian lah artikel mengenai Cara Ternak Ikan Lele yang Baik Hingga Meraup Untung telah selesai dan semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang masih pemula atau yang masih belajar untuk ternak ikan lele sehingga bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam hidup Anda.

Posting Terkait

Tinggalkan pesan