Cara ternak ayam kampung yang mudah dipahami

956 views
example banner

Kebutuhan akan ayam kampung memang tidak pernah ada habisnya. Apalagi mengingat ayam kampung memiliki ciri khas khusus yang membedakannya dengan ayam biasa. Melihat akan hal tersebut, jangan heran jika di mana-mana ternak ayam jenis ini banyak di temui dengan cara ternak ayam kampung yang beragam.

Nah, jika Anda masih pemula, mungkin masih bingung juga bagaimana bisa melakukan ternak dengan baik dan benar. Oleh sebab itu, sebelum memulai ternak Anda harus mendapatkan informasi terkait terlebih dahulu. Untuk itu, silahkan simak ulasan berikut dan dapatkan informasinya.

 

Cara Ternak Ayam Kampung Tahap Perencanaan Dan Persiapan

 

TERNAK AYAM KAMPUNG

Sebelum ternak di mulai, ada beberaa persiapan yang harus di lakukan. Sedangkan beberapa daftar pokok yang perlu Anda penuhi di sini adalah sebagai berikut.

 

1. Siapkan modal

Ketika Anda akan memulai sebuah usaha, maka modal adalah hal inti yang harus di penuhi pertama kali. Dalam ternak ayam pun Anda membutuhkan modal. Sedangkan untuk jumlahnya bisa menyesuaikan keinginan, kebutuhan dan kemampuan Anda dalam mencukupi modal tersebut. Jika memang masih sedikit, memulai dari awal akan lebih baik.

 

2. Siapkan tempatnya

Jika modal sudah siap, kini saatnya memikirkan dimana kandang ayam ini akan dibuat. Kandang ayam sendiri memerlukan lokasi yang cukup luas. Apalagi ketika Anda ingin melakukan ternak dalam skala besar. Jadi, semakin luas lokasi yang di cadangkan maka akan semakin baik untuk kedepannya.

 

3. Pilih waktu memulai yang tepat

Memulai ternak ayam, tentu saja tidak serta merta dilakukan begitu saja. Untuk memulainya, disini Anda membutuhkan pilihan waktu yang tepat. Hal ini berhubungan dengan adanya prediksi panen. Jadi, usahakan memulainya ketika Anda memprediksi bahwa saat panen nanti harga ayam kampung sedang tinggi dan bagus di pasaran.

 

4. Buat kandang

Langkah selanjutnya, silahkan buatkan kandang untuk ayam-ayam Anda. Dalam hal ini usahakan kandangnya luas dan mampu membuat ayam-ayam pun nyaman selama menempatinya. Penerangan dalam kandang pun perlu di siapkan sejak lama.

 

Memulai Ternak Dan Perawatannya

Langkah penting selanjutnya tentu saja adalah memulai usaha ternak ayam kampung Anda. Pastinya dalam hal ini ada beberapa langkah inti pula yang harus di perhatikan secara khusus dan di terapkan dengan baik.

 

cara ternak ayam kampung

 

Sedangkan langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.

 

1. Lakukan pembibitan

Setelah usai dengan masalah persiapan, kini saatnya melakukan pembibitan. Dalam hal ini, Anda perlu memastikan bahwa bibit yang di pilih adalah bibit yang unggul. Semakin berkualitas bibit yang digunakan, maka akan semakin bagus juga hasil panen Anda nantinya.

 

2. Beri nutrisi yang cukup sesuai cara ternak ayam kampung yang baik

Ketika ayam sudah mulai memasuki tahap pertumbuhan, dalam cara ternak ayam kampung yang baik, pastikan bahwa nutrisi yang di terimanya cukup. Jadi, beri makanan yang berkualitas, tidak kurang dan bisa juga di tambah dengan vitamin.

 

3. Pastikan kandang tetap sejuk dan kering

Tidak hanya masalah nutrisi, untuk mendukung pertumbuhannya, perlu juga memperhatikan bagaimana kandang ayam tersebut. Dalam hal ini, pastikan bahwa kandangnya memang selalu bersih dan kering sehingga ayam pun akan nyaman selama tinggal di kandang Anda.
Pisahkan yang dikarantina dan yang disortir

Untuk masalah penyortiran ini, Anda perlu mempersiapkan dua kandang. Tujuannya adalah mempermudah kualifikasi. Jadi, karena kualitas pertumbuhan ayam akan berbeda-beda, di sini perlu disortir sehingga lebih mudah melakukan pengembangan dan penjualannya nanti.

Ternakayam

Posting Terkait

Tinggalkan pesan