Cara Pembibitan Ikan Lele yang Baik dan Benar

594 views
example banner

Cara pembibitan ikan lele yang siap jual tentunya harus melalui beberapa tahap. Sebenarnya, ada dua jenis proses pada budidaya ikan lele. Pertama adalah dengan melakukan pembesaran, kedua pembenihan.

Ternak ikan lele yang melakukan proses pembesaran biasanya tidak melakukan pembenihan sendiri. Hal ini membuat ternak lele membutuhkan ketekunan dan ketelitian.

 

pembibitan ikan lele

Keterampilan ternak lele juga tentunya dapat dilatih dengan niat yang lurus serta penuh kesabaran. Hal ini untuk menghadapi perbedaan cara pemeliharaan ikan lele dengan proses pembesaran maupun pembenihan.

Kedua cara ini mempunyai kemudahan serta kesulitan masing-masing maka membutuhkan proses beserta beberapa tahapan yang harus dilalui.

 

Bacalah: Budidaya Ikan Lele Hingga Menghasilkan Jutaan Rupiah

 

Tahapan Pembibitan Ikan Lele

Dalam pembibitan ikanl lele memiliki beberapa tahapan yang harus kita lakukan dengan bertahap agar bisa mudah dalam pengerjaan nya.

 

Pemilihan Induk

pembibitan ikan lele

Cara pemilihan pembibitan induk ikan lele adalah dengan memilihnya secara selektif. Calon indukan ini mempunyai ukuran ideal yaitu sekitar lima hingga 10 cm.

Anda dapat memilih jenis ikan lele dengan keunggulan sifatnya, contohnya dengan memiliki bentuk tubuh yang ideal, terbebas dari kecacatan, sehat, dapat bertumbuh dengan cepat serta memiliki gerakan yang lincah.

Jika anda sudah memiliki indukan lele, pelihara indukan tersebut dengan sabar. Jangan biarkan indukan menjadi tidak nyaman dalam tempat ditinggalnya. Pastikan untuk mengecek kolam ikan lele secara berkala.

Perawatan indukan ini biasanya memiliki perawatan khusus. Pakannya pun harus berbeda dengan ikan yang lainnya karena indukan ini memiliki gen lebih baik.

Sistem perairannyapun harus baik dan terjaga. Jika sudah melewati waktu dua minggu, saatnya untuk melakukan penyeleksian indukan kembali. Pisahkan berdasarkan ukuran suapaya lele tidak saling hantam.

Jika lele sudah dipisahkan, jangan lupa untuk mengecek badan dan kesehatannya. Banyak lele yang terkena jamur karena air kotor, serta pakan yang menumpuk di kolam. Lele bisa menjadi hasil panen berkualitas jika mempunyai ukuran yang akan sesuai umurnya.

 

Pemijahan Ikan Lele

Cara pembibitan ikan lele selanjutnya adalah pemijahan atau perkawianan. Cara mengawinkan ikan lele bisa dilakukan dengan berbagai metode yaitu intensif atau alami. Perkawinan alami bisa dilakukan tanpa bantuan tangan manusia pada pembuahan sperma beserta sel telur.

Penjelasan diatas berbeda dengan perkawinan intensif yang membutuhkan bantuan tangan manusia pada pembuahan sperma serta sel telur. Pada proses intensif ini juga ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan penyuntikan hormon pada lele, penyuntikan hipofisa, hingga pembuahan dalam tabung atau bisa disebut dengan in vitro.

 

Memelihara Larva Lele

Larva ikan lele harus dibesarkan dengan cara pembibitan. Cara pertama dengan memisahkan larva dari induknya, kemudian anda harus menyediakan aerasi yang memakai aerator sebagai penyuplai oksigennya. Pemeliharaan larva ini harus juga memperhatikan kualitas air di kolam.

Suhu air kolam juga harus sesuai dengan kebutuhan lele yaitu sekitar dua puluh delapan hingga tiga puluh derajat celcius. Kebersihan kolam juga harus diperhatikan dengan baik selaras bersama mengontrolnya secara berkala. Cara mudah untuk membersihkan kolam dari sisa pakan adalah dengan membersihkannya memakai spons.

 

Pendederan Benih Lele

 

pembibitan ikan lele

Pendederan benih merupakan tahapan melepas ikan lele ke tempat pembesaran sementara. Tahapan ini merupakan bagain penting pada proses pembenihan serta pembibitan. Hal ini dibutuhkan karena bibit ikan lele masih lemah dari serangan hama, penyakit, serta lingkungannya, sehingga membuat ikan lele sulit untuk beradaptasi.

Cara pembibitan ikan lele pada tahapan ini membutuhkan kolam berbeda dengan sebelumnya dan biasanya bentuknya kecil. Kolam kecil ini akan mempermudah ikan untuk beradaptasi dan bisa hidup dengan bebas. Kolam yang kecil akan membuat lele bisa mudah bergerak dibawah ketika sudah beranjak besar.

 

Demikian tutorisl tentang pembibitan ikan lele yang dapat kami sampaikan dan semoga bisa membantu anda dalam memulai bisnis budidaya ikan lele.

Budidaya Ikan Lele

Posting Terkait

Tinggalkan pesan