Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal yang Benar

1393 views
example banner

Jika sebelum nya saya membahas mengenai cara pembibitan ikan lele, kini saya akan melanjutkan tentang tata cara budidaya ikan lele di kolam terpal yang baik dan benar hingga panen.

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal yang Benar- Bisnis perikanan Indonesia semakin hari semakin berkembang, termasuk ranah budidaya ikan lele. Ikan lele merupakan bahan makanan yang mudah laku untuk dijual karena rasanya lezat serta harganya murah.

Hal ini membuat budidaya ikan lele menjadi incaran banyak orang karena mudah dan cepat. Cara budidaya ikan lele di kolam terpal yang benar adalah proses termudah serta cepat panen.

Ikan lele juga merupakan bahan makanan yang mudah ditemukan di pasar. Hal ini membuat ikan lele menjadi banyak peminatnya dan mudah tersebar di pasaran perdagangan perikanan.

Banyak juga penguasaha kuliner yang melebarkan sayapnya untuk memulai bisnis makanan olahan lele, dan berikut adalah cara budidaya ikan lele di kolam terpal yang benar serta bisa anda lakukan dengan mudah.

 

4 Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

 

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

1. Siapkan dan Pilih Bibit Lele

Hal yang penting diperhatikan ketika budidaya ikan lele adalah memilih bibitnya dengan baik dan benar. Mempersiapkan bibit lele dengan baik akan menghasilkan ikan yang berkualitas sehingga membuat dagingnya menjadi lebih empuk. Ikan lele yang mudah dibudidayakan adalah dumbo dan sangkuriang. Jenis ikan ini sangat mudah didapat serta harganya murah.

Ikan lele dumbo dan sangkuriang juga memiliki masing-masing kelebihan. Ikan lele dumbo memiliki daging yang lebih empuk dibandingkan dengan sangkuriang, namun ikan lele sangkuriang lebih mudah berproduksi daripada dumbo. Jika anda sudah mengetahui kekurangan dan kelebihan kedua ikan tersebut, maka pilihlah dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan anda.

 

Baca Juga: Budidaya Ikan Lele Hingga Menghasilkan Jutaan Rupiah

 

2. Perhatikan Suhu dan Lokasi Budidaya Lele

Menurut pernyataan penelitian ahli peternakan pada tahun 2011, ikan lele dapat bertahan hidup dengan normal di dalam air pada suhu dua puluh enam hingga tiga puluh dua derajat celcius. Hal ini disebabkan karena ikan lele akan menderita gangguan pencernaan jika kondisi airnya berada di bawah rata-rata, sehingga suhu air ikan lele harus pada kondisi yang hangat.

Lokasi untuk budidaya ikan lele juga sebenarnya tidak harus mempunyai syarat khusus, artinya ikan lele bisa hidup dimana saja termasuk di kolam terpal. Cara budidaya ikan lele di kolam terpal yang benar pun tergolong mudah karena hanya cukup menyesuaikan dengan ketinggian seluas seribu mdpl.

 

3.Memasang Terpal dengan Baik

hal yang harus dilakukan setelah memilih benih adalah memasang kolam terpalnya. Anda cukup menyiapkan terpal untuk kolam lele sekitar 10×8 meter. Cara membuat dasar kolam ikan lele adalah dengan menggali tanah sesuai dengan ukuran terpalnya. Jika anda masih pemula cukup gali 5×2 meter saja untuk dasar kolamnya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kerugian panen.

Cara menggali tanah yang benar adalah dengan mengukurnya dengan benar dan jangan lebih dari satu meter saja.Sisa tanah galian sebaiknya tidak dibuang karena bisa digunakan menjadi tanggul untuk kolam yang terletak pada bagian pinggirnya.

Biasanya tanggul kolam memiliki ukuran tiga puluh meter hingga lima puluh meter. Hal ini dilakukan supaya kolam tidak mudah jebol.

 

Dengan menggunakan langkah-langkah budidaya ikan lele di atas Insya Alloh kini Anda sudah memiliki bekal untuk memulai bisnis ternak sendiri.

ternak lele di kolam terpal

Posting Terkait

Tinggalkan pesan