Bisnis Ikan Lele Sangat Menjanjikan

635 views
example banner

Bisnis ikan lele ternyata bisa menghasilkan peluang usaha yang sangat luar biasa untuk anda. Alasannya karena angka peminat dipasaran serta masyarakat luas banyak yang menyukai dan membutuhkan ikan lele. Ikan lele kini menjadi jenis primadona usaha yang banyak digandrungi oleh para pengusaha dimulai dari ternaknya hingga mengolahnya dalam bentuk makanan.

Banyak orang yang berlomba-lomba membuka usaha lele karena keuntungannya lumayan besar. Ikan lele sangat cocok untuk menjadi usaha pemula maupun bisnis besar. Peluang ini banyak dilihat oleh calon pengusaha dan banyak orang yang mempertanyakan cara usaha ikan lele, berikut adalah cara membuka bisnis lele dengan omset yang berlimpah.

 

 

Cara Memulai Bisnis Lele

 

bisnis ikan lele

Melakukan Budidaya Ikan Lele

Budidaya ikan lele merupakan cara yang paling tepat untuk memulai bisnis perikanan. Budidaya ikan lele akan membuat anda lebih memahami potensi ikan lele di pasaran, sehingga anda akan mudah membaca kebutuhan pasar. Anda juga akan mempunyai wawasan lebih tentang peternakan lele yang mudah jika dibudidayakan.

Lele merupakan jenis ikan yang cepat berkembang biak. Hal ini bisa membuat anda lebih cepat mendapatkan keuntungan. Modal yang anda keluarkan juga tidak harus banyak, anda cukup mengeluarkan sebelah juta rupiah untuk melakukan budidaya lele. Harga ini kurang lebih bisa memenuhi ternak lele termasuk kolam hingga benihnya.

 

Ternak Ikan Lele Kolam Terpal

Kolam terpal merupakan tempat alternatif untuk melakukan budidaya lele jika anda tidak memiliki lahan yang luas. Kolam terpal juga memiliki harga yang murah dalam proses pembuatan awalnya. Keuntungan lainnya kolam terpal bisa bertahan lebih lama, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk perawatannya.

Kelebihan kolam terpal juga antara lain adalah lebih hemat daripada tempat ikan yang berbahan semen atau beton, lebih mudah untuk mengatur volume serta ketinggian airnya, air kolam tidak akan terkontaminasi tanah sehingga membuat ikan lebih bersih, dan sangat mudah untuk membuat kolam terpal.

 

Bacalah: Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal dengan Mudah

 

 

Memilih Benih Unggul yang Tepat untuk Ternak Bisnis Ikan Lele

Memilih benih yang tepat akan berpengaruh terhadap masa depan peluang usaha bisnis lele anda. Cara memilih benih terbaik adalah pilihlah ikan lele dengan ukuran yang sama rata, geraknya gesit, agresif, serta warnanya yang tidak kusam. Ciri ikan tersebut akan menghasilkan lele yang berkualitas sehingga peluang kesuksesan anda terbuka lebar.

 

Memperhatikan Kualitas Air pada Ternak Lele

Lele merupakan ikan yang tidak bisa hidup di air jernih, namun hal ini bukan berarti membuat peternaknya harus berbuat jorok. Warna air kolam yang baik untuk lele adalah hijau, jika anda melihat warna airnya berubah menjadi agak kemerahan maka artinya lele siap dipanen. Anda tetap harus menjaga kebersihan meski lele menyukai air keruh daripada yang jernih.

 

Membuka Bisnis Kuliner Ikan Lele

Penjelasan diatas bisa menjadi pertimbangan anda untuk memulai ternak lele, namun jika anda tidak tertarik maka mulailah membuka bisnis kuliner. Lele merupakan ikan lezat yang mudah dijumpai dengan harganya relatif murah. Banyak masyarakat Indonesia yang menyukai lele sehingga ini bisa menjadi peluang usaha untuk anda.

Peluang bisnis ini bisa berupa membuka warung atau kios kecil dengan menjual pecel lele. Bisnis ikan lele ini bisa memberikan omset berlimpah dengan modal yang minim. Modal anda bisa cepat kembali karena tidak sulit untuk mencari konsumen lele, baik itu berupa konsumen kuliner, ataupun konsumen ternaknya.

 

Sumber Image: Gresik

Posting Terkait

Tinggalkan pesan