Cara Mendapatkan Biaya Budidaya Ikan Lele yang Murah

427 views
example banner

Budidaya ikan lele bukan merupakan hal baru dalam dunia bisnis. Sudah banyak pengusaha besar yang terlahir dari bisnis lele ini. Hal ini disebabkan karena lele bisa diternak dimana saja seperti di kolam beton, kolam terpal, sawah, atau bahkan di bak besar. Biaya budidaya ikan lele juga tidak terlalu mahal sehingga banyak orang yang berani untuk memulai bisnis ini.

Lele merupakan ikan yang mudah untuk diternak. Hal ini disebabkan karena lele bisa hidup di tempat kecil dengan air yang sedikit, teknologi budidayanya juga relatif murah, pemasarannya sangat mudah, hingga modal dan perawatannya tergolong murah. Berikut adalah cara ternak lele dengan biaya yang murah dan dapat anda lakukan karena kemudahannya.

 

Cara Budidaya Ikan Lele dengan Biaya yang Murah

Biaya budidaya ikan lele

Mempersiapkan Budidaya Lele

Hal yang harus dipersiapkan dalam budidaya lele adalah memilih jenisnya. Banyak jenis lele yang bisa ditemui seperti dumbo, sangkuriang, hingga phyton. Semua jenis ikan lele tersebut tergolong murah serta mudah untuk merawatnya, sehingga anda tidak usah memikirkan biaya lebih untuk memilih jenis lele tersebut.

Keuntungan memilih ikan lele jenis dumbo dan sangkuriang adalah anda akan mudah mendapatkan bibitnya, disamping itu anda juga akan mudah merawatnya. Itulah sebabnya banyaknya ikan lele sangkuriang dan dumbo yang beredar di pasaran. Tekstur dagingnya pun sangat empuk dan gurih serta cepat untuk bereproduksi.

 

Baca Juga: 4 Tahapan Penting Persiapan Ternak Ikan Lele

 

Perhatikan Suhu Kolam

Jika anda tidak mau gagal panen ikan dan harus mengeluarkan biaya untuk mengisi bibit lagi makan perhatikanlah suhu kolam. Ikan lele bisa bertahan pada suhu tiga puluh derajat celcius untuk menjaga kesehatan pencernaannya. Jika kurang dan lebih daripada suhu tersebut biasanya ikan lele menjadi mudah terkena penyakit atau bahkan mati.

Kematian ikan lele akan memperbanyak biaya budidaya ikan lele untuk menanam bibitnya kembali. Maka jika anda mau biaya ternak murah, perhatikanlah air kolam secara berkala. Jangan biarkan air kolam surut ketika siang hari karena akan membuat suhunya menjadi naik. Suhu yang panas pada air kolam juga akan membuat lele menjadi cepat mati.

 

Lokasi Ternak Ikan Lele

Ikan lele tidak memiliki syarat khusus untuk tempat hidupnya. Hanya saja anda perlu menyiapkan ikan lele pada kolam dengan ketinggian seribu mdpl. Hal ini diperlukan untuk kestabilan arus air yang berada di dalam kolam. perhatikan juga tingkat kadar besi pada air, serta pH airnya. Jangan sampai pH airnya melebihi delapan.

Lele juga tidak suka hidup di air kolam yang bersih. Maka anda perlu memberikannya pakan secara berkala dan biarkan mengendap beberapa hari. Cara membersihkan kolamnya dengan menanam teratai, eceng gondok, talas, dan kangkung di pinggir kolam. hal ini dilakukan untuk menetralisir racun serta ammonia dari pakan lele yang mengendap lama di air kolam.

 

Gunakan Kolam Terpal

Kolam terpal bisa membantu menekan biaya ternak lele. Keuntungan dari penggunaan kolam terpal adalah anda tidak perlu menembok beton bagian pinggirnya. Harga terpal pun relatif murah dan mudah untuk dirawat. Kolam terpal juga dapat bertahan dalam waktu yang lama sehingga anda tidak usah repot untuk merawatnya.

Biaya budidaya ikan lele akan menjadi murah jika menggunakan kolam terpal. Keuntungan lainnya adalah anda bisa dengan mudah berpindah kolam jika akan membuat tempat baru untuk proses penyeleksian benih unggul. Pastikan untuk mencuci terpal sebelum digunakan.

Posting Terkait

Tinggalkan pesan